Option:
ANALISIS KESULITAN SISWA PADA ASPEK BERBICARA DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
(Studi Kasus Pembelajaran bahasa Inggris Kelas V di RSBI SDN Galunggung
Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)
ABSTRAK
Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan berbicara dalam
bahasa Inggris siswa kelas V Sekolah Dasar (SD).
Penelitian bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut: Apa saja jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa
pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?; Apa faktor
penyebab kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa
Inggris?; Bagaimana upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek
keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?. Menurut
Hornby (Suci, 2005: 8) ‘Difficulty is the
state or quality of being difficult; trouble or effort that something involves’.
Metode
penelitian yang digunakan adalah studi kasus dalam penelitian kualitatif. Fokus
penelitian ini adalah kesulitan siswa pada dua aspek keterampilan berbicara
yaitu pronunciation dan grammar. Namun grammar dalam penelitian ini dibatasi pada bagian-bagian dari Parts of Speech yaitu diantaranya: Noun, Countable noun (Singular and Plural), Pronoun, Adjective, Verb, Adverb, Preposition, dan Conjunction. Untuk memperoleh data yang
objektif, penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Subyek dalam
penelitian ini adalah beberapa informan yang telah ditentukan diantaranya
kepala sekolah SDN Galunggung, satu orang guru bahasa Inggris
SDN Galunggung, dan 15 orang siswa kelas V SDN Galunggung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SDN Galunggung
mengalami kesulitan dalam pronunciation dan
grammar. Siswa masih banyak melakukan
kesalahan dalam melafalkan kata-kata bahasa Inggris atau misspronunciation. Kemudian sebagian besar siswa
belum menguasai
grammar. Siswa tidak mengetahui bagian-bagian parts of speech berikut penggunaannya dalam
kalimat. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam pronunciation dan grammar diantaranya
kemampuan menyimak siswa, siswa jarang sekali berbicara bahasa Inggris di kelas
karena kurangnya keberanian, dan siswa jarang sekali berlatih berbicara bahasa
Inggris baik di sekolah maupun di rumah. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan
siswa dalam berbicara diantaranya; guru memunculkan minat terlebih dahulu
terhadap pembelajaran bahasa Inggris yaitu memunculkan figur guru yang menyenangkan
siswa. Kemudian pelajaran berbicara lebih ditekankan kepada praktek di kelas. Dalam dua jam pelajaran dibagi dua, satu jam pelajaran guru
mengarahkan dan satu jam pelajaran lagi praktek. Selain itu, guru selalu mengingatkan siswa agar terus latihan di rumah
masing-masing. Direkomendasikan kepada siswa agar sering praktek berbicara dan
menghayati setiap kalimat yang diucapkan, serta memanfaatkan game, lagu-lagu
berbahasa Inggris, televisi, film, dan Internet untuk belajar bahasa Inggris
dengan arahan guru bahasa Inggris.
Anda sedang membaca artikel tentang CONTOH PENULISAN ABSTRAK DALAM SKIPSI YANG BENAR dan anda bisa menemukan artikel CONTOH PENULISAN ABSTRAK DALAM SKIPSI YANG BENAR ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/08/contoh-skipsi.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel CONTOH PENULISAN ABSTRAK DALAM SKIPSI YANG BENAR ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.