BAB I
PEBDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kesehatan adalah salah satu bagian terpenting
dalam hidup manusia, baik kesehatan pribadi maupun kesehatan lingkungan.
Manusia dapat beraktifitas dengan baik apabila tubuhnya sehat. Kesehatan badan
akan terjaga jika pemeliharaannya sesuai dengan anjuran pakar kesehatan.
Begitu pentingnya arti kesehatan
sehingga di sekolah-sekolah pendidikan kesehatan telah menjadi bagian dari
kurikulum. Di Sekolah Dasar kesehatan pribadi menduduki peran penting, guru
dituntut untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam diri anak, karena tidak
dipungkiri masih banyak anak-anak yang kurang peduli menjaga kesehatan pribadi
mereka sehingga mereka mudah terserang penyakit.
1.2
Tujuan Penulisan
Makalah ini disusun untuk memenuhi
salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Kesehatan Jasmani, selain itu penulis
memiliki bebrapa tujuan diantaranya ingin mengetahui cara-cara merawat
kesehatan anggota tubuh.
BAB II
PEMSAHASAN
2.1
Pendidikan Kesehatan
a.
Pengertian
Pendidikan
kesehatan adalah usaha yang diberikan berupa bimbingan atau tuntutan kepada
seseorang atau anak didik tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek pribadi
(fisik, mental, sosial) agar dapat tumbuh dan berkembang secara harmonis.
b.
Tujuan Pendidikan Kesehatan
-
Meningkatkan pengetahuan anak
didik tentang ilmu kesehatan termasuk cara hidup.
-
Menananmkan dan membina nilai
dap sikap mental yang positif
-
Menanamkan dan membina
kesehatan hidup sehat sehari-hari.
-
Meningkatkan keterampilan yang
berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan dan perawatan kesehatan.
c.
Manfaat dan kegunaan
Pendidikan Kesehatan adalah untuk
membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang memiliki pertumbuhan dan
perkembangan yang harmonis dan optimal.
2.2
Kesehatan Pribadi
a.
Kesehatan Kulit
Untuk
menjaga kesehatan kulit agar selalu bersih adalah dengan mandi minimal 2 kali
sehari, mandi berguna membersihkan debu yang melekat pada badan, juga
menghilangkan keringat. Sebaiknya mandi menggunakan sabun.
b.
Kesehatan Rambut
Dilakukan dengan keramas minimal seminggu sekali dengan
menggunakan shampo atau obat-obatan lain.
c.
Kebersihan Kuku
Sebaiknya bagi anak didik memotong kukunya pendek,
dilakukan seminggu sekali dan dibersihkan dengan sehat yang lembut dipinggir
daun kuku.
d.
Kebersihan Mata
Membersihkan mata dengan air bersih atau boorwater secara
rutin adalah kebiasaan yang baik agar terhindar dari penyakit yang menyerang
mata. Beberapa penyakit mata diantaranya adalah :
o
Alergi di mata
o
Gangguan visus
o
Konjungtivitis
o
Luka pada mata
o
Saluran air mata tersumbat
e.
Kebersihan rongga mu!ut dan gigi
Dilakukan dengan cara berkumur dan menyikat gigi. Menyikat
gigi dengan odol dan pilih sikat yang sesuai dengan bulu yang lunak.
Menyikat gigi dilakukan setelah makan dan sebeliam tidur pada malam hari.
Menggosok gigi juga ada aturannya, terlalu keras dan lama tak membuat kotoran
segera menyingkir sebaliknya malah melukai gusi dan merusak gigi.
Kelompok " ilmuan dari Newcastle Univercity selama
satu bulan menggelar pengamatan terhadap 12 orang. Responden dibagi menjadi
beberapa kelompok dengan pola gosok gigi yang berbeda-beda, yaitu responden
yang hanya menggosok gigi sekitar 30 detik saja, hingga yang diatas 3 menit,
hasilnya flak masih tebal menempel, kendati tekanan pada gigi semakin kuat dan
makin lama menggosok, untuk itu para ilmuan menganjurkan agar kegiatan bersih-bersih
ini cukup dilakukan paling lama sekitar 2 menit saja.
f.
Kebersihan Telinga
Membersihkan
lubang telinga sebaiknya dengan menggunakan air yang masak yang dingin atau
dengan obat tetes telinga. Tahi telinga bersifat lehat, liat dan berguna
menahan binatang atau kotoran yang masuk ke dalam telinga oleh karena itu
jangan terlalu sering dibersihkan hanya cukup 2 minggu sekali.
Diantaranya penyakit telinga adalah :
o
Congek di telinga
o
Gangguan pada lubang
anting-anting
o
Nyeri telinga
o
Telinga perenang
g.
Kebersihan Hidung
Hidung
dibersihkan menggunakan kain halus atau menghirup air lalu disemprotkan keluar.
Penyakit hidung diantaranya adalah mimisan, simusitis.
h.
Kebersihan tangan dan kaki
Mencuci tangan sebelum makan dan mencuci kaki sehabis
bermain atau kerja dan sebelum tidur.
i.
Pemeliharaan Pakaian
Pakaian yang memenuhi syarat kesehatan :
o Tidak merusak kulit
o Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar
o Mudah dicuci dan dirapihkan
o Warna sesuai dengan warna kulit, usia pemakai
o Pakaian yang sehabis dipakai di cuci
o Sepatu atau sandal selalu dibersihkan
o Jangan menaruh pakaian yang bekas dipakai kedalam lemari.
o Sediakan tempat khusus untuk baju, sepatu dap topi.
o Kosongkan saku-saku
o Pakaian yang disimpan dalam lemari selalu dalam keadaan bersih dan
kering.
o Periksalah semua tas, sepatu, topi apakah sudah bersih atau rapi.
j.
Makanan dan Minuman Sehat
v Fungsi Makanan
Bagi Tubuh
Fungsi
makanan bukan hanya sekedar untuk meinghilangkan rasa lapar tetapi lebih utama
adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun sel-sel tubuh,
mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin
kelancaran makan proses yang terjadi di dalam tubuh.
Untuk
dapat hidup sehat bisa mencapainya melalui kegiatan olahraga yang teratur,
makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Makanan bergizi terdiri dari
makanan yang meliputi empat unsur makanan sehat ditambah satu unsur pelengkap
bisa kita sebut empat sehat lima sempurna.
v Kegunaan makanan
yang masuk kedalam tubuh dikelompokkan sebagai berikut :
1)
Makanan sebagai sumber tenaga terutama mengandung hidrat
arang seperti beras, jagung, terigu, dan lain-lain.
2)
Mananan sebagai sumber pembangun.
3)
Protein digunakan sebagai bahan pembangun pembentukan sel-sel
jaringan tubuh yang baru.
4)
Makanan sumber zat pengatur
a.
Vitamin dan garam mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam
jumlah yang kecil, namun mutlak diperlukan tubuh.
b.
Fungsi air bagi tubuh
Air
adalah bagian yang penting dari semua sel tubuh. Air digolongkan sebagai bahan
pembangun, sebagai zat pengatur dan mengatur dan merupakan bahan pelarut. Air
harus memenuhi syarat kesehatan adalah sebagai berikut : penuh, tak berbau,
tidak berwarna, tidak mengandung mineral yang berbahaya, tidak mengandung bibit
penyakit.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Pendidikan kesehatan adalah usaha
yang diberikan berupa bimbingan atau tuntutan kepada seseorang atau anak didik
tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek pribadi agar dapat tumbuh dan
berkembang secara harmonis.
Kesehatan pribadi adalah tuntutan
kepada seseorang tentang kesehatan yang meliputi aspek fisik agar dapat tumbuh
dan berkembang secara harmonis.
Kesehatan pribadi meliputi :
o Kebersihan kullt
o Kebersihan rambut
o Kebersihan kuku
o Kebersihan mata
o Kebersihan rongga mulut dan gigi
o Kebersihan telinga
o Kebersihan hidung
o Kebersihan tangan dan kak
3.2
Saran
Guru harus peduli terhadap kesehatan
anak didiknya dan menganjurkan anak didiknya untuk memeriksa kesehatan
pribadinya secara rutin.