SKENARIO PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas/Semester :
IV/1
Alokasi Waktu :1
X 40 menit
Sub pokok Bahasan :
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Standar Kompetensi
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
Kompetensi Dasar
1.
Mendskripsikan daur hidup
beberapa hewan di lingkungan sekitar,
misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
2.
menunjukan kepedulian terhadap
hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
Skenario Pembelajaran
·
Apersepasi
-
Guru memasuki ruang kelas
-
Guru mengucapkan salam
-
Guru mengendalikan suasana
kelas
-
Guru mempersilahkan ketua murid
untuk memimpindo’a
-
Guru mengecek kehadiran siswa
-
Guru memusatkan perhatian dan
knsentrasi siswa untuk mengikuti pelajaran
·
Ekplorasi
-
Guru mengulang pelajaran yang
lalu dengan cara melakukan tanya jawab kepada siswa
-
Guru memberikan pengarahan
tentang keterkaitan pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan dipelajari
-
Guru menyuruh siswa untuk
memberikan contoh hewan yang mengalami perubahan bentuk yang dimulai dari telur
-
Guru menyuruh siswa untuk
membedakan hewan yang mengalami perubahan bentuk yang dimulai dari telur dan
yang dimulai dari bayi
-
Guru menyuruh siswa
mengelompokan hewan yang lahir berbentuk telur dan berbentuk bayi
-
Guru menyuruh siswa memberikan
contoh hewan yang dapat dipelihara dan yang tidak dapat dipelihara
-
Guru menyuruh siswa menyebutkan
menfaat hewan peliharaan
·
Konsulidasi
-
Guru menjelaskan daur hidup
hewan
-
Guru menerangkan tentang
metemorfosis
-
Guru menjelaskan tentang
metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna
-
Guru menjelaskan ciri-ciri
hewan yang mengalami metamorfosis dan
yang tidak mengalami metamorfosis
-
Guru menjelaskan proses
metamorfosis pada kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
-
Guru menjelaskan hewan yang
dapat dipelihara dan yang tidak dapat dipelihara
-
Guru menjelaskan manfaat hewan
peliharaan
-
Guru menjelaskan cara merawat
dan menjaga hewan peliharaan
-
Guru menyimpulkan hasil kerja
siswa
-
Guru mengoreksi dan memberikan
penilaian hasil kerja siswa
-
Guru bersama-sama membuat
kesimpulan tentang metamorfosis dan manfaat serta cara merawat dan menjaga
hewan peliharaan
Latihan Soal
Silanglah (x) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang
benar !
1.
Seluruh tahap perubahan yang
dialami makhluk hidup selama hidupnya disebut…
a. Pertumbuhan c.
Metamorfosis
b. Perkembangbiakan d.
Daur hidup
2.
Penggolongan daur hidup hewan
disamping didasarkan atas persamaan ?
a. Cara berkembangbiakan c.
Metamorfosis
b. Jenis makanannya d.
jumlah kakinya
3.
Hewan di bawah ini yang tidak
mengalami tahap kepongong (kupa) adalah …
a. Kecoa c.
Lalat
b. Kupu-kupu d.
Nyamuk
4.
Hewan berikut ini yang
mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah …
a. Kupu-kupu c.
Katak
b. Lalat d.
Kecoa
5.
Pada saat katak berbentuk
seperti gambar di samping hewan ini bernafas dengan …
a. Kulit c.
Paru-paru
b. Insang d.
Kecoa
6.
Hewan peliharaan yang boleh
dipelihara dalam satu kandang adalah …
a. Kucing dan kelinci c.
Ikan koi dan ikan mas
b. Kucing dan anjing d.
Ayam dan ular
7.
Hewan yang mudah dihinggapi
kutu adalah …
a. Ikan mas c.
Kupu-kupu
b. Kura-kura d.
Kucing
8.
Hewan berikut ini termasuk
hewan yang berbahaya, adalah …
a. Ayam c.
Harimau
b. Ikan mas d.
Kelinci
9.
Hewan berikut ini dapat diambil
telurnya sebagai sumber protein, adalah …
a. Ular c.
Kuda
b. Kambing d.
Ayam
10.
Anak hewan yang berkembang biak
di kantung perut induknya, adalah …
a. Kelinci c.
Panda
b. Kangguru d.
Beruang
Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan tepat !
- Apa yang dimaksud dengan metamorfosis
?
- Mengapa kecoa dan katak termasuk
pada metamorfosis tidak sempurna ?
- Jelaskan daur hidup yang dialami
oleh kupu-kupu !
- Sebutkan hewan apa saja yang dapat
kita pelihara !
- Bagaimana cara merawat dan menjaga
kucing agar tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit ?