BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Aspek keterampilan berbicara bahasa
Inggris sekurang-kurangnya memiliki lima komponen pendukung diantaranya, comprehension, grammar, vocabulary,
pronunciation, dan fluency. Pronunciation merupakan aspek pertama
yang harus dikuasai siswa ketika belajar berbicara. Sehingga kata-kata yang
diucapkan dapat dimengerti secara jelas oleh lawan bicara. Selain itu, aspek
yang perlu dikuasai siswa adalah grammar.
Grammar yang siswa ketahui dapat menghasilkan banyak ujaran-ujaran, mungkin tak
terbatas jumlahnya. Sehingga meski pembelajaran bahasa Inggris ditekankan pada penguasaan
komunikasi verbal, tak berarti siswa-siswa tak bagus grammar-nya.
5.2 Saran
Setelah melakukan penelitian di SDN Galunggung,
penulis memberikan saran kepada siswa, guru bahasa Inggris, kepala sekolah, dan
peneliti lain yang peduli akan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Inggris
di SD.
1. Bagi Siswa
Pelajaran bahasa Inggris yang telah diperoleh di
kelas harus sering dipraktekan di luar sekolah. Baik itu dengan teman,
keluarga, maupun siapa saja yang dapat dijadikan sebagai partner latihan berbicara bahasa Inggris. Ketika latihan dialog,
siswa harus serius tapi santai serta menghayati setiap kalimat yang diucapkan.
Selain itu siswa dapat memanfaatkan game,
lagu-lagu berbahasa Inggris, televisi, film, dan Internet untuk belajar
bahasa Inggris. Sebab pelajaran bahasa Inggris di sekolah amat terbatas.
2. Bagi Guru bahasa Inggris
Siswa di SDN Galunggung berada di wilayah
perkotaan, arus informasi begitu derasnya sehingga siswa telah mengenal handphone, internet, game, lagu-lagu berbahasa Inggris,
televisi, dan film. Apabila hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik maka guru
dapat mengatasi kesulitan siswa karena terbatasnya waktu untuk pelajaran bahasa
Inggris di sekolah. Guru mengarahkan siswa agar memanfaatkan media ini untuk
belajar.
3. Bagi Kepala Sekolah
Lingkungan sangat mempengaruhi siswa dalam belajar
bahasa. Untuk itu, Kepala Sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung
pembelajaran bahasa Inggris. Misalnya dengan lebih mengoptimalkan program English Time yang saat ini sedang
dilaksanakan.
4. Bagi Peneliti lainnya
Kesulitan dalam keterampilan berbicara pada
penelitian ini difokuskan kepada kesulitan pronounciation
dan grammar. Masih terdapat tiga
komponen lain pada aspek berbicara yang belum terungkap, yaitu comprehension, vocabulary, dan fluency. Untuk itu, bagi peneliti yang
akan meneliti kesulitan siswa pada aspek berbicara, dapat melanjutkan
penelitian terhadap ketiga komponen tersebut.