BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Penguasaan lebih dari satu bahasa telah menjadi aspek yang sangat penting
dengan berkembangnya jaman. Sebagai bangsa yang akan memasuki era globalisasi
dan Free Trade Era maka tuntutan
untuk menguasai bahasa asing semakin tinggi. Bahasa Inggris sebagai bahasa
dunia telah menjadi bahasa yang wajib untuk dikuasai setiap orang agar dapat
mengikuti perkembangan jaman tersebut. Bahasa Inggris tidak hanya digunakan
sebagai bahasa pengantar dalam dunia bisnis tetapi juga dalam dunia pendidikan.
DAN SETERUSNYA
1.2
Fokus Penelitian
Bahasa itu sangat kompleks dan universal, terdiri
dari komponen-komponen yang satu sama lain berkaitan erat. Sesuai dengan latar belakang di atas penelitian ini
difokuskan pada kesulitan siswa pada
aspek berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD.
Aspek keterampilan berbicara
sekurang-kurangnya memiliki lima komponen pendukung diantaranya; comprehension, grammar, vocabulary,
pronunciation, and fluency. Untuk menghindari analisis penelitian yang dangkal maka penulis
memusatkan penelitian terhadap pronunciation
dan grammar.
1.3
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan
permasalahan sebagai berikut :
1.
Apa saja
jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara
dalam belajar bahasa Inggris?
2.
Apa faktor
penyebab kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa
Inggris?
3.
Bagaimana
upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam
belajar bahasa Inggris?
1.4
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
sebagai berikut :
1.
Mendeskripsikan
jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara
dalam belajar bahasa Inggris
2.
Mendeskripsikan
faktor penyebab kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar
bahasa Inggris
3.
Mendeskripsikan
upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara
dalam belajar bahasa Inggris.
1.5
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini, yaitu
:
1.
Penelitian
ini dapat dijadikan sebagai penelitian dasar untuk penelitian lain dalam
peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di SD
2.
Sebagai bahan
rujukan bagi guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan
berbicara dalam belajar bahasa Inggris.
1.6
Metode Penelitian
Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
studi kasus dengan menguraikan kesulitan yang dihadapi
oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris di
SDN Galunggung, faktor penyebab kesulitan, dan upaya guru untuk mengatasi
kesulitan siswa tersebut. Hasil data yang diperoleh akan diuraikan secara naratif atau deskriptif
sebagai salah satu faktor yang menonjol dari penelitian yang menggunakan metode
kualitatif.
1.7
Sistematika Penulisan
Susunan
penulisan penelitian ini berdasarkan pengelompokan pokok-pokok pikiran yang
tercantum dalam bab-bab sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab
ini akan membahas tentang latar belakang masalah, fokus, rumusan masalah,
tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab
ini akan mengungkapkan landasan-landasan teori yang digunakan dan menjadi acuan
bagi penulis dalam menyusun skripsi. Selain itu diuraikan pula mengenai
buku-buku yang relevan dan berhubungan untuk pembahasan masalah yang dikaji
dalam skripsi ini.
BAB III METODE PENELITIAN
Bab
ini menjelaskan kegiatan serta cara-cara yang penulis tempuh dalam melakukan
penelitian guna mendapatkan sumber-sumber yang berhubungan dengan permasalahan
yang dikaji.
BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA PENELITIAN
Bab
ini menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan seluruh hasil penelitian yang
diperoleh penulis. Di dalamnya berisi tentang analisis dan pemecahan masalah
yang dikaji dalam skripsi ini.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab
ini akan dikemukakan kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan beserta
saran untuk masalah dalam penelitian ini.