• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » SKRIPSI » KUTIPAN-KUTIPAN PROPOSAL

    KUTIPAN-KUTIPAN PROPOSAL

    Option:


    1.      Pengertian Metode  berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka metode menyangkut masalahcara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.

    2.      Dalam buku Nana Sudjana, metode drill adalah satu kegiatan melakukan hal yang sama, berulang-ulang secara sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu ketrampilan agar menjadi bersifat permanen.

    3.      Ciri yang khas dari metode drill adalah kegiatan berupa pengulangan yang berkali-kali dari suatu hal yang sama. 

    4.       Tujuan Penggunaan Metode Drill
    Metode Drill biasanya digunakan untuk tujuan agar siswa :
    ·      Memiliki kemampuan motoris/gerak, seperti menghafalakan kata-kata, menulis, mempergunakan alat.
    ·      Mengembangkan kecakapan intelek, seperti mengalikan, membagi, menjumlahkan.
    ·      Memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu keadaan dengan yang lain. 
    5.      Kelebihan Metode Drill (latih siap) adalah;
    1)  Dalam waktu yang tidak lama siswa dapat memperoleh pengetahuan ….danketerampilan yang diperlukan.
    2)  Siswa memperoleh pengetahuan praktis dan siap pakai, mahir dan ….lancar.
    3)  Menumbuhkan kebiasaan belajar secara kontinue dan disiplin diri, ….melatihdiri, belajar ….mandiri.
    4)  Pada pelafalan agama dengan melalui metode drill ini anak didik ….menjaditerbiasa dan ….menumbuhkan semangat untuk beramal kepada ….Allah.

    6.      Kekurangan Metode Drill (Latih Siap)
    1) Menghambat bakat dan inisiatif siswaMengajar dengan metode drill berarti minat dan inisiatif siswa dianggapsebagai gangguan dalam belajar atau dianggap tidak layak dan kemudiandikesampingkan. Para siswa dibawa kepada koformitas dan diarahkanmenjadi uniformitas.
    2) Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan Perkembangan inisiatif di dalam menghadapi situasi baru atau masalah baru pelajar menyelesaikan persoalan dengan cara statis. Hal inibertentangan dengan prinsip belajar dimana siswa seharusnya mengorganisasi kembali pengetahuan dan pengalaman sesuai dengan situasi yang mereka hadapi.

    7.      Metode tugas adalah suatau cara mengajar yang dicirikan dengan adanya kegiatan perencanaan antara siswa dengan guru mengenai suatu persoalan atau masalah yang harus diselesaikan dan dikuasai oleh siswa dalam jangka waktu tertentu yang disepakati bersama antara guru dan siswa.

    8.      Kelebihan metode pemberian tugas :
    a.     Baik sekali untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang konstruktif.
    b.   Memupuk rasa tanggung jawab dalam segala tugas pekerjaan, sebab dalam metode ini anak harus mempertanggung jawabkan segala sesuatu (tugas) yang telah dikerjakan.
    c.    Memberi kebiasaan anak untuk belajar.
    d.   Memberi tugas anak yang bersifat praktis (H. Zuhairini, 1977).

    9.       kelemahan-kelemahan sebagai berikut :
    a.    Seringkali tugas di rumah itu dikerjakan oleh orang lain, sehingga anak tidak tahu menahu tentang pekerjaan itu, berarti tujuan pengajaran tidak tercapai.
    b.   Sulit untuk memberikan tugas karena perbedaan individual anak dalam kemampuan dan minat belajar.
    c.    Seringkali anak-anak tidak mengerjakan tugas dengan baik, cukup hanya menyalin pekerjaan temannya.
    d.   Apabila tugas itu terlalu banyak, akan mengganggu keseimbangan mental anak (H. Zuhairini, (1977).

    10.  Ulih Bukit Karo-Karo (Hidayat, 2009: 18) menyebutkan bahwa jalannya pengajaran metode tugas kelompok adalah sebagai berikut:
    1.      Guru mengelompokkan siswa.
    2.      Guru memberikan tugas kepada siswa dalam kelompok untuk …..dipelajari/dikerjakan.
    3.      Siswa (dalam kelompoknya) mempelajari/mengerjakan tugas.
    4.      Guru bersama siswa menilai.
    11.  Dalam pemberian tugas, guru sebaiknya selalu memberikan saran-saran, pengarahan serta mengadakan checking, apakah siswa benar-benar memahami apa yang harus dilakukan dan hasil apa yang hendak dicapai, sebab kegagalan siswa dalam tugasnya juga menjadi tanggung jawab gurunya.

    12.     Dalam penggunaan metode pemberian tugas ini akan lebih sangat efektif apabila mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
    a. Tugas yang akan dikerjakan siswa harus tegas dan jelas pembatasannya dengan   …demikian siswa tidak akan ragu-ragu dalam mengerjakannya.
       b. Tugas yang diberikan harus sesuai dengan taraf perkembangan kecerdasan maupun …minat siswa.
    c. Waktu yang diberikan untuk menyelesikan tugas harus cukup.
    d. Adakan kontrol yang sistematis, sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan    …tugasnya dengan sungguh-sungguh.
    e. Tugas yang diberikan hendaknya dapat memperkaya pengalaman siswa, baik untuk di …sekolah, dirumah maupun di masyarakat.
    f. Tugas yang diberikan hendaknya bermanfaat, baik untuk kebutuhan sekarang maupun …dimasa yang akan datang.

    13.  Gguru juga harus ingat bahwa siswa menghadapi berbagai tugas, dan belum berpengalaman dalam membagi waktu. Maka, nilai pendidikan dari tugas ini bukan terletak pada hasil tugas atau prestasi kerja, melainkan pada proses atau pengalaman kerja ketika siswa mengerjakan tugas tersebut.

    14.  Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain.

    15.  Passing Bawah (Pukulan/pengambilan tangan kebawah)
      1. Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
      2. tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan.
      3. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.

    16.  Pengertian penelitian adalah suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

    17.  Istilah metode penelitian terdiri atas dua kata, yakni kata metode dan penelitian. Menurut bahasa, metode sering diartikan cara. Dalam bahasa Arab, metode diartikan thariqah yang berarti langkah-langkah strategis mempersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan (Ramayulis, 2004:155).

    18.  Metode Eksperimen
    Metode eksperimen adalah satu-satunya metode penelitian yang dianggap paling tepat untuk dapat menguji hipotesis mengenai hubungan sebab akibat. 

    19.  Inti penelitian eksperimen adalah upaya mengamati dan mmengukur hasil manipulasi peneliti terhadap situasi dan objek tertentu. Penelitian eksperimen ditandai oleh tiga hal penting, yaitu:
    1. Adanya manipulasi terhadap objek penelitian untuk mengubah keadaan ….tertentu secara sistematis.
    2.  Adanya observasi untuk mengamati dan mengukur hasil manipulasi
    3. Adanya kontrol yang mengendalikan kondisi-kondisi penelitian ketika ….berlangsungnya manipulasi

    20.  Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.
    a.    Pengetahuan tentang metode-metode mengajar sangat di perlukan oleh para pendidik, sebab berhasil atau tidaknya siswa belajar sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode mengajar yang digunakan oleh guru.

    b.   Dalam metode diskusi guru dapat membimbing dan mendidik siswa untuk hidup dalam suasana yang penuh tanggung jawab.
    Anda sedang membaca artikel tentang KUTIPAN-KUTIPAN PROPOSAL dan anda bisa menemukan artikel KUTIPAN-KUTIPAN PROPOSAL ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/08/kutipan-kutipan-proposal.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel KUTIPAN-KUTIPAN PROPOSAL ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲