1.
Pengertian Metode
berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka
metode menyangkut masalahcara kerja untuk dapat memahami objek yang
menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.
2.
Dalam buku Nana Sudjana, metode drill adalah satu kegiatan melakukan
hal yang sama, berulang-ulang secara sungguh-sungguh dengan tujuan untuk
memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu ketrampilan agar menjadi
bersifat permanen.
3.
Ciri yang khas dari metode drill adalah kegiatan berupa
pengulangan yang berkali-kali dari suatu hal yang sama.
4.
Tujuan
Penggunaan Metode Drill
Metode Drill biasanya digunakan
untuk tujuan agar siswa :
·
Memiliki kemampuan motoris/gerak, seperti menghafalakan
kata-kata, menulis, mempergunakan alat.
·
Mengembangkan kecakapan intelek, seperti mengalikan,
membagi, menjumlahkan.
·
Memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu keadaan
dengan yang lain.
5.
Kelebihan Metode Drill (latih siap) adalah;
1) Dalam waktu yang tidak lama siswa dapat
memperoleh pengetahuan ….danketerampilan
yang diperlukan.
2) Siswa memperoleh pengetahuan praktis
dan siap pakai, mahir dan ….lancar.
3) Menumbuhkan kebiasaan belajar secara
kontinue dan disiplin diri, ….melatihdiri,
belajar ….mandiri.
4) Pada pelafalan agama dengan melalui
metode drill ini anak didik ….menjaditerbiasa
dan ….menumbuhkan
semangat untuk beramal kepada ….Allah.
6. Kekurangan Metode Drill (Latih Siap)
1) Menghambat bakat dan inisiatif siswaMengajar dengan metode drill berarti
minat dan inisiatif siswa dianggapsebagai gangguan dalam belajar atau dianggap
tidak layak dan kemudiandikesampingkan. Para siswa dibawa kepada koformitas dan
diarahkanmenjadi uniformitas.
2) Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan Perkembangan
inisiatif di dalam menghadapi situasi baru atau masalah baru pelajar
menyelesaikan persoalan dengan cara statis. Hal inibertentangan dengan prinsip
belajar dimana siswa seharusnya mengorganisasi kembali pengetahuan dan
pengalaman sesuai dengan situasi yang mereka hadapi.
7.
Metode tugas adalah suatau cara mengajar yang dicirikan
dengan adanya kegiatan perencanaan antara siswa dengan guru mengenai suatu
persoalan atau masalah yang harus diselesaikan dan dikuasai oleh siswa dalam
jangka waktu tertentu yang disepakati bersama antara guru dan siswa.
8. Kelebihan metode pemberian tugas :
a. Baik sekali untuk mengisi waktu luang dengan
hal-hal yang konstruktif.
b. Memupuk rasa tanggung jawab dalam segala
tugas pekerjaan, sebab dalam metode ini anak harus mempertanggung jawabkan
segala sesuatu (tugas) yang telah dikerjakan.
c. Memberi kebiasaan anak untuk
belajar.
d. Memberi tugas anak yang bersifat
praktis (H. Zuhairini, 1977).
9.
kelemahan-kelemahan
sebagai berikut :
a. Seringkali tugas di rumah itu
dikerjakan oleh orang lain, sehingga anak tidak tahu menahu tentang pekerjaan
itu, berarti tujuan pengajaran tidak tercapai.
b. Sulit untuk memberikan tugas karena
perbedaan individual anak dalam kemampuan dan minat belajar.
c. Seringkali anak-anak tidak
mengerjakan tugas dengan baik, cukup hanya menyalin pekerjaan temannya.
d. Apabila tugas itu terlalu banyak,
akan mengganggu keseimbangan mental anak (H. Zuhairini, (1977).
10.
Ulih Bukit Karo-Karo (Hidayat, 2009: 18) menyebutkan bahwa
jalannya pengajaran metode tugas kelompok adalah sebagai berikut:
1.
Guru mengelompokkan siswa.
2.
Guru memberikan tugas kepada siswa dalam kelompok untuk …..dipelajari/dikerjakan.
3.
Siswa (dalam kelompoknya) mempelajari/mengerjakan tugas.
4.
Guru bersama siswa menilai.
11.
Dalam pemberian tugas, guru sebaiknya selalu memberikan
saran-saran, pengarahan serta mengadakan checking, apakah siswa benar-benar
memahami apa yang harus dilakukan dan hasil apa yang hendak dicapai, sebab
kegagalan siswa dalam tugasnya juga menjadi tanggung jawab gurunya.
12.
Dalam penggunaan metode pemberian tugas ini akan lebih
sangat efektif apabila mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
a. Tugas yang akan dikerjakan siswa harus tegas dan jelas pembatasannya dengan …demikian
siswa tidak akan ragu-ragu dalam mengerjakannya.
b. Tugas yang diberikan harus sesuai dengan taraf perkembangan
kecerdasan maupun …minat
siswa.
c. Waktu yang diberikan untuk menyelesikan tugas harus cukup.
d. Adakan kontrol yang sistematis, sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan …tugasnya dengan sungguh-sungguh.
e. Tugas yang diberikan hendaknya dapat memperkaya pengalaman siswa, baik untuk
di …sekolah,
dirumah maupun di masyarakat.
f. Tugas yang diberikan hendaknya bermanfaat, baik untuk kebutuhan sekarang
maupun …dimasa yang
akan datang.
13.
Gguru juga harus ingat bahwa siswa menghadapi berbagai
tugas, dan belum berpengalaman dalam membagi waktu. Maka, nilai pendidikan dari
tugas ini bukan terletak pada hasil tugas atau prestasi kerja, melainkan pada proses
atau pengalaman kerja ketika siswa mengerjakan tugas tersebut.
14. Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua
grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain.
15.
Passing Bawah (Pukulan/pengambilan tangan kebawah)
- Sikap badan jongkok, lutut
agak ditekuk.
- tangan dirapatkan, satu dengan
yang lain dirapatkan.
- Gerakan tangan disesuaikan
dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
16.
Pengertian penelitian
adalah suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis,
untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
17. Istilah metode penelitian terdiri
atas dua kata, yakni kata metode dan penelitian. Menurut bahasa, metode sering
diartikan cara. Dalam bahasa Arab, metode diartikan thariqah yang
berarti langkah-langkah strategis mempersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan
(Ramayulis, 2004:155).
18.
Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah
satu-satunya metode penelitian yang dianggap paling tepat untuk dapat menguji
hipotesis mengenai hubungan sebab akibat.
19.
Inti penelitian eksperimen adalah upaya mengamati dan
mmengukur hasil manipulasi peneliti terhadap situasi dan objek tertentu.
Penelitian eksperimen ditandai oleh tiga hal penting, yaitu:
1. Adanya manipulasi terhadap objek
penelitian untuk mengubah keadaan ….tertentu
secara sistematis.
2. Adanya observasi untuk mengamati dan mengukur
hasil manipulasi
3. Adanya kontrol yang mengendalikan
kondisi-kondisi penelitian ketika ….berlangsungnya
manipulasi
20.
Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.
a. Pengetahuan
tentang metode-metode mengajar sangat di perlukan oleh para pendidik, sebab berhasil atau
tidaknya siswa belajar sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode
mengajar yang digunakan oleh guru.
b. Dalam metode
diskusi guru dapat membimbing dan mendidik siswa untuk hidup dalam suasana
yang penuh tanggung jawab.