• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » SKRIPSI » PROPOSAL PERBANDINGAN PENGARUH METODE TUGAS DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

    PROPOSAL PERBANDINGAN PENGARUH METODE TUGAS DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

    Option:


    A. Latar Belakang Masalah
    Pembinaan olahraga di Indonesia sacara umum diarahkan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatan seluruh masyarakat, sedangkan pembinaan olahraga sacara khusus diarahkan untuk pencapaian prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu cabang olahraga yang diterapkan di sekolah dan diakui oleh komite olahraga nasional (KONI) sebagai olahraga prestasi serta di gemari masyarakat umum adalah olahraga Bola Voli.
    Keberhasilan dalam mencapai proses tujuan pembelajaran ditentukan pleh banyak factor. Faktor tersebut diantaranya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi guru dan murid, sarana prasarana yang mendukung terhadap keberlangsungan belajar mengajar, materi dan sampai masalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar.
    Berdasarkan survey penulis dilapangan bahwa guru penjas didalam melaksanakan proses pembelajaran, sering menggunakan metode yang bervariasi. Metode tersebut seperti metode tugas, metode drill, dan sekarang ini ada juga guru yang menggunakan pemanfaatan iptek atau dengan sebutan audio visual. Metode yang digunakan oleh guru disesuaikan dengan situasi dan kondisi agar tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal.
    Khususnya yang berkaitan dengan metode, penulis mencoba untuk menggali dan mencari tahu tentang pengaruh penggunaan metode drill dengan metode tugas. Hal ini didasari oleh banyaknya guru penjas menggunakan metode ini didalam proses belajar mengajar disekolah.


    B.  Rumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang yang penulis paparkan di atas maka penulis merumuskan sebagai berikut :
    1.      Bagaimanakah pengaruh metode tugas terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli?
    2.      Bagaimanakah peengaruh metode drill terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli?
    3.      Manakah yang lebih signifikan pengaruhnya antara metode tugas dan metode drill terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli?
               
    C.  Definisi Operasional / Istilah
          Penjelasan istilah diperlukan dalam menyatukan persepsi. Oleh karena itu penulis mengemukakan devinisi istilah sebagai berikut :
    1.      Metode tugas adalah suatu metode yang dalam prosesnya memberikan tugas kepada anak didiknya sehingga anak didik bebas untuk mengeksplorasi materi yang diberikan Guru,
    2.      Metode drill adalah metode yang pengulangan merupakan hal yang penting dalam mencapai tujuan,
    3.      Guru adalah seseorang yang pekerjaannya mengajar.

    D.  Tujuan Penelitian
    Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
    1.      untuk mengetahui pengaruh metode tugas terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli.
    2.      Untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli.
    3.      Untuk mengetahui metode yang lebih signifikan pengaruhnya antara metode tugas dan metode drill terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli.



    E.  Kegunaan Penelitian
    Berdasarkan tujuan penelitian yang penulis uraikan diatas, maka kegunaan penelitian ini adalah :
    1.      Secara teoritis.
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan keilmuan dalam ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi pengembangan dunia olahraga.
    2.      Secara teoritis
    Sebagai bahan informasi dan masukan bagi Guru penjas dalam menerapkan masalah metode dalam proses belajar mengajar disekolah.

    F.   Landasan teoritis
    1.   Kajian Teori
          Teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan penelitian sangat diperlukan untuk menunjang pembahasan hasil penelitian. Teoti-teori tersebut berhubungan dengan  permasalahan sebagai berikut :
    a.       Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
    b.      Metode yang digunakan adalah metode eksperimen
    c.       Variable bebas dalam penelitian ini ada dua yaitu adalah metode tugas dan metode drill
    d.      Variable terikat dalam penelitian ini adalah passing bawah
    e.       Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah passing bawah atau yang dikenal dengan frekuensi.

    2.   Penelitian yang relevan
                      Penelitian dengan masalah penguasaan keterampilan cabang olahraga menggunakan alat bantu diantaranya dilakukan oleh Tatan Sartana, mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya pada tahun 2005, dengan judul  : “Pengaruh Alat Bantu Latihan terhadap Keterampilan passing bawah Bola Voli Siswi Sekolah Dasar”. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa, latihan passing bawah dengan menggunakan alat bantu latihan berpengaruh secara berarti terhadap keterampilan passing bawah bola volli atlit.
                      Penulis memiliki asumsi bahwa penelitian tentang alat bantu latihan hampir sama dengan penelitian diatas. Namun demikian belum diketahui sejauh mana pengaruh alat bantu tersebut terhadap penguasaan keterampilan passing bawah dalam cabang olahraga bola voli, dan karena itulah penulis melakukan penelitian sehingga penelitian sebelumnya hanya dijadikan sebagai acuan saja.
    G.  ANGGAPAN DASAR
    1.  Anggapan Dasar
    Anggapan dasar adalah merupakan titik tolak pemikiran yang menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut. Dalam penelitian ini, penulis mempunyai anggapan dasar sebagai berikut :
    a.       Metode mengajar akan lebih baik dan sukses apabila disesuaikan dengan materi, keadaan anak, juga sarana prasarana yang mendukung terhadap proses belajar mengajar.
    b.      Seorang Guru dituntut untuk mempunyai kreasi dan inofasi yang tinggi, agar anak didik selalu termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai secara maksimal.
    c.       Variasi dalam latihan dituntut dalam kegiatan belajar mengajar
    d.      Seorang Guru harus mampu menguasai, mengendalikan dan mengarahkan setiap anak didik agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancer dan sesuai dengan harapan.


    H.  Hipotesis
          Berdasarkan anggapan dasar yang penulis utarakan diatas , maka penulis merumuskan hipotesis sebagai berikut :
    1.      Metode tugas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli
    2.      Metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli
    3.      Metode drill lebih signifikan pengaruhnya dibandingkan dengan metode tugas terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli

    I.       Prosedur Penelitian
    1.      Metode Penelitian
    Untuk membuktikan kebenaran dari hipotesis yang penulis ajukan, maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen, yaitu mengadakan kegiatan percobaan terhadap variable-variabel yang diselidiki untuk mendapatkansuatu hasil. Metode ini dipergunakan atas dasar pertimbangan bahwa sifat penelitian ini adalah melakukan uji coba tentang sesuatu, yang dalam hal ini adalah perbandingan pengaruh metode drill dengan metode tugas terhadap peningkatan passing bawah dalam permainan bola voli. Melalui metode eksperimen ini Kartono (1986 : 248) mengatakan bahwa : “Metode Eksperimen adalah suatu prosedur penelitian yang sengaja dipakai untuk mengetahui pengaruh dari suatu kondisi, yang sengaja diadakan terhadap suatu gejala social yang berupa kegiatan-kegiatan dan tingkah laku seseorang individu ataupun kelompok individu.”
                Adapun metode yang digunakan adalah :
    a.       Metode tugas
    Metode tugas adalah sebuah metode yang pada pelaksanaannya anak didik diberikan tugas untuk mempelajari dan mempraktekan segalam materi yang telah diberikan kepada anak didik.
    b.      Metode Drill
          Metode drill adalah sebuah cara dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan kepada factor pengulangan.
    2.      Desain Penelitian
    Penelitian ini menggunakan suatu desain yang mempermudah pelaksanaan tahapan penelitian, yaitu dengan desain pre-tes post-tes.

    Test awal                     Perlakuan                    Tes Akhir
    E1        :    T1               X1………………..  T2………………….. Y1
    E2        :    T2               X2………………..  T2………………….. Y2

    Keterangan :
    E1  = kelompok A, metode tugas
    E2  = kelompok B, metode Drill
    T1  = Latihan (perlakuan)
    T2  = Latihan (perlakuan)
    X1 = Tes Awal
    X2 = Tes akhir
    Y1 = Tes akhir
    Y2 = Tes akhir

    3.      Variabel Latihan
    Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah :
    a.       Variabel terikat
    Variabel terikat dalam penelitian yang penulis lakukan adalah metode drill dan metode tugas.

    b.      Variabel Bebas
    Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli. 

    4.      Teknik pengumpulan Data
      Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk memperoleh data guna melengkapi laporan hasil penelitian terdiri dari :
    a.                   Studi lapangan (fiel research), yaitu teknik pengumpulan data dengan cara observasi langsung ke objek penelitian untuk memperoleh data mengenai perbandingan pengaruh metode tugas dan metode drill terhadap peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui serangkaian pelaksanaan tes.

    b.                  Studi kepustakaan (library research), yaitu teknik pengumpulan data dan melalui pengkajian dan penelaahan berbagai literature, buku-buku atau materi perkuliahan yang berhubungan erat dengan permasalahan yang dibahas.

    5.      Instrumen Penelitian
          Instrument penelitian dalam suatu penelitian sudah pasti diperlukan untuk memperoleh data. Tanpa data penelitian tersebut tidak akan terjadi penelitian karena yang sebenarnya bukan hanya mengumpulkan data saja, melainkan justru data tersebut diolah dan dianalisis sehingga peneliti dapat menafsirkan hasil penelitiannya berdasarkan data yang diperolehnya. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan prosedur pelaksanaan tes yang sudah baku, yaitu tes keterampilan passing bawah dengan menggunakan metode tugas dan metode drill.

    6.    Populasi dan sampel Penelitian
          Populasi dan sampel merupakan sumber data penelitian. Mengenai pengertian populasi, Sudjana (1992 : 5) menjelaskan bahwa : ‘Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin hasil menghitung maupun mengukur, kuantitatif maupun kuliatatif dari pada karakteristik tertentu mengenai sekumpulan objek yang lengkap dan jelas yang ingin dielajari sifat-sifatnya.”
    Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah sebanyak 30 orang. Sampel yang digunakan peneliti bersifat homogeny, artinya bahwa memiliki cirri yang sama. Salah satunya adalah berjenis kelamin laki-laki. Teknik pengambilan sampel penulis menggunakan teknik sampel acak (random sampling).

    7.      Teknik Pengolahan Dan Analisis Data
    Setelah data dari hasil penyusunan diperoleh, maka data tersebut diolah secara statistic agar mempunyai arti. Dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus statistikadari data yang terkumpul melalui hasil tes akhir ketetapan passing bawah.
    Dalam pengolahan data ini memerlukan langkah-langkah, adapun langkah pertama adalah memeriksa data sampel yang memenuhi syarat untuk diolah yaitu :
    a.       Sampel sebanyak 30 orang telah mengikuti tes awal (15 orang kelompok  A dan 15 orang kelompok B)
    b.      Tidak pernah absen selama latihan berlangsung
    c.       Semua sampel (30 orang) mengikuti tes akhir

    8.       Pelaksanaan Latihan
          Peneliti dengan menggunakan metode eksperimen, lamanya periode latihan menjadi suatu hal yang sangat penting mendapat perhatian dari setiap peneliti. Hal ini karena akan memberikan dampak terhadap hasil dari latihan. Mengenai lamanya masa latihan penulis mengacu kepada Cooper (1982 : 299) yang menyatakan bahwa : “Latihan sekurang-kurangnya tiga kali setiap minggu, dan lebih baik lagi empat kali”.
          Berdasarkan penjelasan tersebut, maka lamanya periode latihan dilaksanakan selama enam minggu dengan frekuensi pertemuan tiga kali. Total pertemuan selama dua bulan sebanyak 18 kali pertemuan. Acuan yang dipakai oleh penulis adalah menurut Kosasih (1993 : 40) menjelaskan bahwa : “sebaiknya pelatih paling sedikit tiga kali seminggu. Akan lebih baik bila berlatih 4-5 kali seminggu”. Selanjutnya lama masa latihan dalam setiap pertemuan dilaksanakan selama 2x45 menit.
    Adapun system sistematika latihannya adalah sebagai berikut :
    1.      Pendahuluan
    Pada tahap ini diisi dengan materi pemanasan. Lamanya waktu yang digunakan adalah 25 menit. Materi dalam pemanasan ini berisi tentang peregangan statis dan peregangan dinamis.
    2.      Latihan inti
    Dua kelompok yang menjadi sampel penelitian diberi latihan passing bawah. Satu kelompok dalam menyampaikan materinya adalah menggunakan metode tugas dan yang satu kelompok lagi menggunakan metode drill.

    3.      Penutup
    Tahapan ini diisi dengan mengevaluasi materi yang telah disampaikan, Tanya jawab dan akhirnya pelemasan.


    DAFTAR PUSTAKA

    Arikunto, suharsini. (2001). Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

    Nenggala, Asep K. (2006). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Grafindo Media Pratama

    Nurhasan, dan Abdul Narlan. (2001). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Diktat. Bandung : FPOK – IKIP.

    Poerwadarminto, W.J.S. (1992). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN. Balai Pustaka.

    Sartana, Tatan. (2005). Perbandingan Pengaruh Metode Tugas dan metode drill terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli. Skripsi. Tasikmalaya : PJKR FKIP Unsill, tidak dipublikasikan.

    Suharto. (1999). Informasi Kesehatan Olahraga. Jakarta : KONI Pusat.

    Surakhmad, Winarno. (1998). Pengantar Penelitian Ilmiah : Dasar Metode dan teknik. Bandung : Tarsito.


    Anda sedang membaca artikel tentang PROPOSAL PERBANDINGAN PENGARUH METODE TUGAS DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI dan anda bisa menemukan artikel PROPOSAL PERBANDINGAN PENGARUH METODE TUGAS DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/08/proposal-perbandingan-pengaruh-metode.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel PROPOSAL PERBANDINGAN PENGARUH METODE TUGAS DAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲