• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » Pendidikan » MAKALAH PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF PADA USIA DINI SD

    MAKALAH PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF PADA USIA DINI SD

    Option:


    infokotagarut.blogspot.com

    Bab 1
    Pendahuluan
    A. Latar Belakang

    Perilaku siswa-siswi usia sekolah saat ini sangat beragam, Salah satu perilakunya adalah anak-anak yang sangat sulit di atur, tidak bisa diam dan seolah-olah tidak memperhatikan pelajaran di kelas. Anak-anak tersebut biasanya mengalami gangguan dalam perkembangannya yaitu gangguan hiperkinetik yang secara luas di masyarakat disebut sebagai anak hiperaktif.

    Anak hiperaktif adalah anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dengan hiperaktivitas (GPPH) atau attention deficit and hyperactivity disorder (ADHD). Kondisi ini juga disebut sebagai gangguan hiperkinetik. Dahulu kondisi ini sering disebut minimal brain dysfunction syndrome. Terhadap kondisi siswa yang demikian, biasanya para guru sangat susah mengatur dan mendidiknya. Di samping karena keadaan dirinya yang sangat sulit untuk tenang, juga karena anak hiperaktif sering mengganggu orang lain, suka memotong pembicaraan guru atau teman, dan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu yang diajarkan guru kepadanya. Selain itu juga, prestasi belajar anak hiperaktif juga tidak bisa maksimal. Untuk itulah dibutuhkan suatu pendekatan untuk membantu anak-anak yang hiperaktif tersebut supaya mereka dapat memaksimalkan potensi diri dan meningkatkan prestasinya. Pendekatan ini yaitu dengan pendekatan yang dilakukan oleh lingkungan keluarga sendiri yaitu bimbingan oleh orang tua dan pendekatan dari sekolah yaitu bimbingan konseling berupa layanan / treatment yang sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga dengan demikian, diharapkan setiap anak akan memperoleh haknya untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik tanpa terkecuali, karena pengajaran yang diberikan telah disesuaikan dengan kemampuan dan kesulitan yang dimilikinya.

    B. Rumusan Masalah
    Adapun permasalahan yang akan dikaji dalam penulisan ini adalah :
    1.      Apa pengertian anak usia dini?
    2.      Apa pengertian Hiperaktivitas?
    3.      Apa saja faktor-faktor penyebab Hiperaktivitas?
    4.      Apakah ciri-ciri anak Hiperaktif?
    5.      Apa pengaruh Hiperaktivitas terhadap perkembangan anak?
    6.      Bagaimana cara mengatasi Hiperaktivitas?

    C. Tujuan Penulisan
                Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah anak yang Hiperaktif. Serta ingin memperluas ilmu sosial.

    D. Manfaat Penulisan
    Manfaat penulisan makalah ini antara lain :
    1.      Memperluas cakrawala berfikir kita mengenai masalah anak yang Hiperaktif serta solusinya.
    2.      Sebagai media informasi dalam dunia pendidikan terutama PAUD-SD

     
    BAB II
    PEMBAHASAN

    A. Pengertian Anak Usia Dini

    Siapa yang disebut anak usia dini ?
                Ada beragam pendapat tentang hal ini. Batasan tentang anak usia dini antara lain disampaikan oleh NAEYC (National Association for the Education of young Children) yang mengatakan bahwa anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun, yang tercakup dalam program pendidikan, pra sekolah baik swasta maupun negeri ,TK, dan SD (NAEYC 1992).
    Karakteristik Anak Usia Dini ;
    1. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Besar
    2. Merupakan Pribadi yang Unik
    3. Suka Berfantasi dan Imajinasi
    4. Masa paling Potensial untuk Belajar
    5. Menunjukan Sikap Egosentris
    6. Memiliki Rentang Daya Konsentrasi yang Pendek
    7. Sebagai bagian dari Makhluk social


    Anda sedang membaca artikel tentang MAKALAH PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF PADA USIA DINI SD dan anda bisa menemukan artikel MAKALAH PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF PADA USIA DINI SD ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/08/makalah-penanganan-anak-hiperaktif-pada.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel MAKALAH PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF PADA USIA DINI SD ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲