• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » SKRIPSI » Contoh Latar Belakang Penelitian EFEKTIVITAS PENERAPAN PRE READING PLAN TECHNIQUE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

    Contoh Latar Belakang Penelitian EFEKTIVITAS PENERAPAN PRE READING PLAN TECHNIQUE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

    Option:

    Latar Belakang Penelitian

    Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, merupakan bahasa asing pertama yang harus diajarkan di sekolah mulai dari tingkat dasar. Hal ini ditegaskan dengan adanya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993 (dalam Kasmaini, hlm. 27) tentang dimungkinkannya program bahasa Inggris diajarkan lebih dini sebagai satu mata pelajaran muatan lokal (local content) yang dimulai pada kelas empat sekolah dasar.
    Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar bertujuan untuk mengembangkan kompetensi berkomunikasi siswa dalam berbahasa Inggris secara lisan dan terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah, serta mempersiapkan siswa agar memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global. Hal ini berlandaskan pada Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 (dalam BSNP, 2006, hlm. 136).
    Dengan menguasai bahasa Inggris maka siswa akan mudah mengakses informasi, mengenal kebudayaan orang lain, mengembangkan ilmu pengetahuan, serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri guna memperoleh kesempatan yang lebih baik dalam menghadapi persaingan di era globalisasi ini.
    Menurut Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 (dalam BSNP, 2006 hlm. 136) ruang lingkup kompetensi bahasa Inggris di sekolah dasar mencakup berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah. Ruang lingkup tersebut meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar harus memuat dan mengembangkan empat keterampilan berbahasa Inggris yaitu keterampilan menyimak (listening skill), keterampilan berbicara (speaking skill), keterampilan membaca (reading skill), dan keterampilan menulis (writing skill).  
    Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dipelajari. Dari membaca seseorang dapat berinteraksi dengan pikiran dan perasaan, memperoleh informasi, serta banyak mendapatkan transfer ilmu pengetahuan untuk mengembangkan pengetahuannya. Seperti halnya pada pembelajaran di sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, membaca merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap siswa disamping keterampilan lainnya yaitu menyimak, menulis, dan berbicara karena keempat keterampilan tersebut saling berkaitan satu sama lain.
    Salah satu keterampilan membaca adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman (reading comprehension) merupakan kemampuan membaca yang harus dikuasai siswa, tersirat dalam Standar Kompetensi (SK) membaca kelas V semester II yaitu memahami tulisan bahasa Inggris dari teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah. Standar Kompetensi tersebut dijabarkan dalam Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai siswa yaitu memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima. SK dan KD ini tercantum dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 (dalam BSNP, 2006, hlm. 140).
    Menindaklanjuti Surat Keputusan Mendikbud No. 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993, SDN ......... mengambil bahasa Inggris untuk dijadikan mata pelajaran muatan lokal. Program mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah tersebut dilaksanakan satu kali dalam seminggu dengan alokasi waktu dua jam pelajaran (2x35menit). Pelaksanaan program disesuaikan dengan SK dan KD menurut ketentuan dari Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006.
    Membaca dan memahami teks berbahasa Inggris pada umumnya sulit dipelajari oleh siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas V SDN ......... diketahui bahwa dari sepuluh soal yang disajikan dari sebuah teks bacaan bahasa Inggris rata-rata siswa menjawab dengan benar hanya tiga soal. Dapat disimpulkan bahwa siswa tidak bisa langsung memahami informasi dari teks bacaan bahasa Inggris yang telah mereka baca. Hal ini ditandai oleh ketidakmampuan siswa menjawab pertanyaan dari bacaan.
    Setelah melakukan wawancara dengan guru bahasa Inggris di sekolah tersebut, diketahui penyebab lain dari kesulitan yang dialami siswa ketika memahami suatu teks bahasa Inggris yaitu siswa mengalami kesulitan mengenal huruf, memahami kosakata (vocabulary) asing, memahami istilah-istilah, dan struktur bacaan dalam bahasa Inggris serta kurangnya latar belakang pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki siswa tentang topik bacaan. Faktor kesulitan memahami teks bacaan yang timbul dari siswa masih berkaitan dengan faktor guru. Kelemahan guru dan penggunaan strategi, metode, maupun teknik pembelajaran yang kurang tepat saat mengajarkan membaca ini kurang melibatkan siswa berfikir tentang bacaan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam membaca khususnya memahami teks berbahasa Inggris.
    Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut penulis berkesimpulan untuk mengujicobakan salah satu teknik dalam pembelajaran membaca, khususnya membaca pemahaman. Teknik pembelajaran yang dipandang efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa Inggris ialah Pre Reading Plan (PReP) Technique. PReP Technique adalah teknik pembelajaran membaca yang dikembangkan oleh Judith Langer tahun 1981. PReP Technique merupakan kegiatan sebelum membaca yang dapat membantu siswa mengaktifkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebagai titik awal dapat memahami bacaan dengan baik. Mufti (2012, hlm. 12) mengemukakan bahwa PReP Technique dapat menjadi sarana bagi guru dalam mempersiapkan siswa sebelum membaca suatu bacaan, sambil menganalisis tanggapan siswa sehingga dapat menentukan instruksi berikutnya.
    Pelaksanaan ujicoba teknik pembelajaran membaca ini diaktualiasasikan dalam penelitian yang berjudul “Efektivitas Penerapan Pre Reading Plan Technique Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar”.
    Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Latar Belakang Penelitian EFEKTIVITAS PENERAPAN PRE READING PLAN TECHNIQUE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR dan anda bisa menemukan artikel Contoh Latar Belakang Penelitian EFEKTIVITAS PENERAPAN PRE READING PLAN TECHNIQUE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/10/contoh-latar-belakang-penelitian.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Contoh Latar Belakang Penelitian EFEKTIVITAS PENERAPAN PRE READING PLAN TECHNIQUE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲