• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » SKRIPSI » Contoh Proposal Skripsi Hubungan Antara Apersepsi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas IV

    Contoh Proposal Skripsi Hubungan Antara Apersepsi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas IV

    Option:

    Pendidikan IPS merupakan dasar untuk mengembangkan tujuan kurikulum yaitu membentuk warga negara yang baik dalam suatu masyarakat demokratis di tengah globalisasi dan pembentukan intelektual dalam membina kesadaran, baik secara pribadi, anggota masyarakat, budaya serta intelektual siswa dalam memecahkan masalah sosial (Hennings, 1989). Sebagai suatu bidang ilmu, IPS membekali intelektual siswa dalam membina kesadaran hidup di tengah masyarakat yang komplek dan heterogen, sehingga dapat membentuk pribadi yang mandiri. Partisipasi dan peran aktif siswa memecahkan masalah sangat menunjang dalam menentukan keputusan hidup bermasyarakat (Skeet, 1995)
    IPS sebagai mata pelajaran tidak semata membekali ilmu saja lebih dari itu membekali juga sikap atau nilai dan keterampilan dalam hidup bermasyarakat sehingga mereka dapat mengetahui lingkungan, masyarakat dan bangsa dengan berbagai karakteristiknya. Dengan demikian, IPS sebagai suatu mata pelajaran di sekolah dasar seharusnya berlandas kepada kondisi nyata di lingkungan masyarakat dengan tujuan untuk memanusiakan manusia. Sehingga siswa tidak merasakan terasingkan di lingkangan masyarakatnya sendiri.
    Mempelajari IPS pada dasarnya berfungsi mengembangkan pengetahuan, nilai dan sikap serta keterampilan sosial siswa untuk dapat menelaah kehidupan sosial yang dihadapi sehari-hari serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap perkembangan masyarakat Indonesia sejak masa lampau hingga masa kini. Sedangkan tujuannya adalah agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan nilai dan sikap serta keterampilan sosial yang berguna bagi dirinya, mengembangkan pemahaman tentang pertumbuhan masyarakat Indonesia sejak masa lampau hingga kini sehingga siswa bangga sebagai bangsa Indonesia.
    Salah satu faktor yang menyebabkan permasalahan terjadi pada pembelajaran IPS adalah bagaimana proses bembelajaran yang dilakukan guru. Mengingat fungsi utama guru adalah mulai dari sebelum masuk kelas, di dalam kelas hingga ke luar kelas, yaitu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak dari semua konsep, gagassan, kebijakan, tujuan pendidikan nasional.
    Masa usia sekolah dasar berlangsung dari usia 6-12 tahun, dalam pendidikan formalnya dibagi menjadi dua, yaitu masa kelas rendah dan kelas tinggi dengan karakter yang berbeda pada tiap kelasnya. Untuk itu, penyajian pembelajaran IPS hendaknya bervariasi baik dari segi materi, metoda maupun pendekatannya yang sesuai dengan karakteristik perkembangan masing-masing siswa. Selain itu pembelajaran di sekolah dasar hendaknya memperhatikan prinsip latar siswa, yakni belajar sambil bekerja, belajar sambil bermain, dan keterpaduan.
    Sebagai salah satu institusi pendidikan formal yang bertujuan untuk mengembangkan dan melatih potensi anak, sekolah dasar perlu melakukan pengorganisasian pendidikan. Termasuk dalam proses pembelajaran hendaknya dipersiapkan secara baik agar mampu melahirkan siswa yang memiliki karakter-karakter positif. Proses pembelajaran harus mampu mengarahkan siswa sebagai subjek yang berperan aktif dalam kehidupannya. Siswa perlu mendapatkan bimbingan, motivasi, dan peluang untuk belajar serta mempelajari hal-hal yang akan diperlukan dalam kehidupannya.
    Bagi siswa sekolah dasar, belajar akan lebih bermakna jika apa yang dipelajari berkaitan dengan pengalaman dan perkembangan pengetahuan awalnya. Untuk itu, guru harus kreatif dalam mendesain metode pembelajaran yang disenangi dan bermakna bagi siswa sehingga siswa dapat menghubungkan pengetahuan awalnya dengan materi yang akan dipelajarinya. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan.
    Proses pembelajarn tidak dapat dipisahkan antara pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan diajarkan, maka sebelum memulai pelajaran yang baru sebagai batu loncatan, guru hendaknya berusaha menghubungkan terlebih dahulu bahan pelajaran yang akan disampaikan dengan bahan pelajaran yang telah   dikuasai oleh siswa berupa pengetahuan awal yang telah diketahui dari pelajaran yang sebelumnya atau dari pengalaman siswa. Inilah yang dimaksud dengan apersepsi. Jadi dengan kata lain apersepsi adalah suatu gejala jiwa yang dialami apabila kesan baru masuk ke dalam kesadaran seseorang dan berkaitan dengan kesan-kesan lama yang sudah dimiliki disertai proses pengolahan sehingga menjadi kesan yang lebih luas.
    Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif tetep, proses perubahan ini tidak terjadi sekaligus terapi terjadi secara bertahap tergantung pada faktor-faktor pendukung belajar yang mempengaruhi siswa. Faktor ini dapat dibagi menjadi dua yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern berhubungan dengan segala sesuatu yang ada pada diri siswa yang menunjang pembelajaran seperti inteligensi, bakat, kemampuan motorik pancaindra dan skema berpikir. Faktor ekstern merupakan segala sesuatu yang berasal dari luar diri siswa yang menkondisikannya dalam pembelajaran seperti pengalaman, lingkungan sosial, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, fasilitas belajar dan dedikasi guru. Keberhasilan siswa mencapai suatu tahap hasil belajar memungkinkannya untuk belajar lebih lancar dalam mencapai tahap selanjutnya. Apersepsi yang dilakukan pada tahap awal pembelajaran pada umumnya dianggap hal yang kecil, terkadang terlupakan. Namun demikian berdasarkan fakta di lapangan banyak dijumpai menjadi sangat fatal akibatnya tatkala siswa dihadapkan pada permasalahan inti dalam proses pembelajaran. Ketidakbisaan siswa dalam menyelesaikan masalah atau dalam proses menemukan konsep ternyata sangat dipengaruhi oleh ketidakmatangan sewaktu apersepsi, yang akhirnya tujuan akhir dari pembelajaran itu tidak tercapai atau tidak sesuai dengan harapan.
    Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Proposal Skripsi Hubungan Antara Apersepsi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas IV dan anda bisa menemukan artikel Contoh Proposal Skripsi Hubungan Antara Apersepsi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas IV ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/11/contoh-proposal-skripsi-hubungan-antara.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Contoh Proposal Skripsi Hubungan Antara Apersepsi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas IV ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲