• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » SKRIPSI » Contoh Skripsi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa

    Contoh Skripsi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa

    Option:

    Pendidikan merupakan pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam hal mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran didalam kelas diarahkan kepada kemampuan peserta didik untuk menghafal informasi, otak peserta didik dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingat yaitu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.
    Pembelajaran matematika adalah pelajaran yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajarannya peserta didik dituntut memahami dan dapat mengaplikasikannya terhadap kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran matematika terbentuknya kemampuan bernalar pada diri peserta didik yang bercermin melalui kemampuan berfikir kritis, logis, sitematis dalam memecahkan suatu permasalahan baik dalam bidang matematika, bidang lain, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi pada kenyataannya pembelajaran matematika tidaklah mudah karena fakta menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di sekolah merupakan mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. Hal ini mungkin disebabkan dalam mempelajari matematika peserta didik kurang menguasai konsep dan peserta didik kurang banyak latihan mengerjakan soal-soal matematika dan pemahaman peserta didik terhadap matematika kurang. Pada umumnya peserta didik masih menganggap bahwa pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang menakutkan karena tingkat kesulitan dianggap tinggi. Hal serupa diungkapkan oleh Ruseffendi E.T. (2005:157) yang mengatakan, ”Matematika dianggap sebagai ilmu yang sukar, rumit, dan memperdayakan”.
    Pemahaman matematika juga merupakan salah satu kompetensi utama berfikir matematik. Untuk itu peserta didik dituntut memiliki sikap kritis dan cermat, objektif dan terbuka, serta ingin tahu serta senang belajar matematika. berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VIII di SMP Negeri ... peserta didik sering mengalami kesulitan tentang pemahaman konsep pada materi lingkaran. Kebanyakan peserta didik tidak bisa menyelesaikan permasalahan mengenai materi lingkaran yang dikaitkan dengan materi lain, sehingga banyak peserta didik yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal.
    Permasalahan yang timbul mungkin disebabkan karena metode belajar yang kurang efektif. Pada umumnya guru mengajar menggunakan model pembelajaran langsung. Dalam pelaksanaan model pembelajaran ini, guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik cenderung cepat bosan. Hal tersebut menjadi tugas utama dari seorang guru. Pentingnya peran guru dalam pendidikan tidak terlepas dari kemampuan guru dalam menyampaikan materi pada peserta didik. Oleh karena itu, pada proses pembelajaran guru perlu meningkatkan kemampuan mengajar guna menjadi guru profesional. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dengan tetap memperhatikan antara lain materi, waktu dan jumlah peserta didik di kelas. Guru dalam mengajar diharapkan dapat menyampaikan materi yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik dan mudah diterima oleh peserta didik.
    Salah satu upaya guru agar peserta didik aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran Kooperatif (Cooperativ Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam berdiskusi (bekerja kelompok) untuk menyelesaikan suatu soal. Menurut Sanjaya, Wina (2010:242)
      Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan system pengelompokan/tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang, kemampuan akademik, jenis kelamin, rasa atau suku yang berbeda (heterogen). System penilaian dilakukan terhadap kelompok, setiap kelompok akan mendapatkan penghargaan (reward) jika kelompok mampu menunjukan prestasi yang  dipersyaratkan.

    Sesuai pendapat tersebut, dengan pembelajaran kelompok diharapkan peserta didik dapat aktif, kreatif dan bekerjasama dalam kelompok sehingga peserta didik dapat lebih memahami konsep. Pemahaman yang baik dalam proses pembelajaran adalah terjadi komunikasi antara guru dengan peserta didik atau peserta didik dengan peserta didik, supaya merangsang terciptanya partisipasi siwa. Peserta didik diberi peluang untuk lebih memahami konsep matematika dan keterkaitannya dari hasil sharing ideas antar peserta didik. Dengan demikian peserta didik berperan aktif dalam kegiatan  pembelajaran, guru hanya berperan sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
    Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Skripsi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa dan anda bisa menemukan artikel Contoh Skripsi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/11/contoh-skripsi-pengaruh-penggunaan.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Contoh Skripsi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲