• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » SKRIPSI » Contoh Proposal Skripsi tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit

    Contoh Proposal Skripsi tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit

    Option:

    Pendidikan merupakan suatu komponen penting dalam mentransformasi pengetahuan, keahlian, dan nilai-nilai akhlak dalam pembentukan jati diri bangsa. Pendidikan mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini sebagaimana tercantum dalam pengertian pendidikan di Indonesia yang tertulis pada Pasal 1 (1) UU No. 20/2003 yang berbunyi:
    Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan  suasana   belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara  aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
    Juga tergambar dalam fungsi pendidikan Indonesia yang tertulis pada Pasal 3 UU No. 20/2003
    Fungsi pendidikan nasional adalah  untuk membangun kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

    Maka, untuk meningkatkan mutu proses dan output pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, Kementerian Pendidikan Nasional mencetuskan adanya pengembangan pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini pada realisasinya dilakukan secara terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran. Integrasi yang dimaksud meliputi pemuatan nilai-nilai karakter kedalam pokok materi dalam setiap mata pelajaran.
    Untuk jenjang SD/MI penanaman dan pembinaan watak dan kepribadian terintegrasi dan terinternalisasi ke dalam seluruh mata pelajaran seperti IPS, IPA, bahasa, matematika, seni dan budaya dan pendidikan jasmani dan kesehatan. Dengan demikian, pembelajaran di SD/MI akan jauh lebih bermakna (meaning-full) baik bagi pendidik maupun anak didik sebagai dua pelaku utama pendidikan. Mata pelajaran apapun termasuk yang ada di SD/MI sarat dengan kandungan dimensi penanaman dan pembinaan sikap/nilai yang melekat dalam setiap aktivitas pembelajaran.
    Demikian pula dalam pembelajaran IPA di SD/MI seperti yang tercantum dalam tujuan pembelajaran IPA dalam PERMEN No. 22 Tahun 2006:
    Tujuan pembelajaran IPA di SD secara terperinci adalah: (1) memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaann-Nya, (2) mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, (3) mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat, (4) mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan, (5) meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan, dan (7) memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP atau MTs.
    Maka, apabila dilihat dari rumusan tujuan pembelajaran IPA di SD berdasarkan PERMEN No 22 Tahun 2006, tujuan pembelajaran IPA di sekolah dasar mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Sehingga mengandung ketiga unsur hakikat pembelajaran IPA yaitu proses, produk, dan sikap.
    Salah satu contohnya dalam materi Perubahan kenampakan bumi dan benda langit untuk kelas IV. Menurut Kemendiknas (2010) pada materi Perubahan kenampakan bumi dan benda langit ini terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran yaitu: Religius, ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mendiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu, bersahabat/komuikatif, menghargai prestasi, dan cinta tanah air. Nilai-nilai karakter ini bisa tercipta dengan penggunaan perangkat pembelajaran IPA yang mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor dengan tujuan mengembangkan nilai-nilai karakter pada diri siswa.
    Faktanya, di lapangan tidak sedikit guru yang hanya berfokus pada hasil belajar ranah kognitif saja. Proses pembelajaran yang menekankan pada penanaman aspek-aspek soft skills, yang antara lain kerja sama, rasa saling menghargai pendapat, rasa saling memiliki (sense of belonging), rasa tanggung jawab (sense of responsibility), kejujuran, rela berkorban, dan seterusnya yang diwujudkan melalui pengalaman belajar yang bermakna mulai tenggelam dengan kesibukan sekolah untuk berpacu mencapai “target nilai”. Sekolah seolah-olah hanya mengajarkan pengetahuan kognitif demi mengejar nilai baik, agar mereka lulus ujian dan mengabaikan keseimbangan perkembangan dimensi-dimensi afektif dan psikomotorik, serta fungsi sosialnya.
    Salah satu contohnya guru lebih menekankan hafalan materi dan mengerjakan soal daripada melakukan praktikum. Padahal dalam praktikum itu terdapat nilai-nilai karakter yang bisa diperoleh siswa dari kegiatan yang dilakukannya. Seperti karakter teliti dan kerja keras dalam kegiatan mengobservasi, karakter komunikatif dalam melaporkan hasil eksperimen, dan lain sebagainya. 
    Menurut Maylinda (2012), diberlakukannya pendidikan karakter dalam pembelajaran khususnya IPA untuk memunculkan karakter belum sesuai dengan ketentuan pengintegrasian karakter dalam mata pelajaran. Dalam perangkat pembelajaran yang disusun khususnya RPP hanya menambahkan satu poin tambahan yaitu “karakter yang ingin dicapai”. Sebenarnya pengintegrasian dilaksanakan pada beberapa komponen yang meliputi indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta perangkat evaluasi.
    Hal ini sejalan dengan hasil observasi di SDN ... yang merupakan sebuah sekolah dasar yang berstandar nasional di Kecamatan ... pada tanggal 19-16 Januari 2013. Peneliti menemukan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan di SD tersebut sudah berjalan dengan baik apabila dilihat dari hasil pembelajaran IPA khususnya di kelas IV yang selalu mengalami peningkatan dan pencapaian nilai evaluasi belajar siswa umumnya selalu diatas rata-rata. Selain itu, sekolah ini memiliki prestasi yang cukup baik dalam lomba mata pelajaran IPA. Namun, seperti masalah yang disampaikan Maylinda dalam skripsinya, di SD ini pun pengintegrasian karakter dalam pembelajaran IPA baru hanya sebatas pencantuman karakter dalam poin tertentu saja. Oleh karena itu, mengingat pentingnya penanaman karakter bagi siswa melalui pembelajaran yang mengintegrasikan mata pelajaran dengan penanaman karakter bagi siswa, maka diperlukanlah sebuah perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter.
    Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas (Suhardi, 2007:24). Perangkat pembelajaran ini meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan ajar (handout), buku pegangan guru, Lembar Kerja Siswa, dan tes hasil belajar. Dengan demikian, perlu dilakukan pengembangan komponen pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran dan memberi suatu pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam lingkungannya.
    Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Proposal Skripsi tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit dan anda bisa menemukan artikel Contoh Proposal Skripsi tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/11/contoh-proposal-skripsi-tentang_18.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Contoh Proposal Skripsi tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲