• HOME
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Skripsi
  • Tips Design Rumah
  • RELIGI
  • DAFTAR OBJEK WISATA GARUT
  • Curahan Hati
  • Contact Us
blog inigarut.com
  • INFO GARUT
    • Sejarah Kota Garut
    • Makanan Khas Garut
    • Produk Khas Garut
  • Al-Qur'an
  • Kisah 25 Nabi
  • Home » SKRIPSI » Proposal Skripsi Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Menulis Puisi Anak Di Sekolah Dasar

    Proposal Skripsi Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Menulis Puisi Anak Di Sekolah Dasar

    Option:

    Mengekspresikan perasaan dan berdasarkan pengalaman merupakan hak setiap manusia. Perasaan sebagai bagian dari fitrah manusia merupakan anugerah yang tidak dimiliki mahluk lain. Oleh karena itu, manusia sebagai pemilik perasan ini sudah sepatutnya menjaga dan mensyukurinya.
    Pengalaman merupakan guru yang terbaik bagi  manusia. Pada hakikatnya, setiap orang tentu memiliki keinginan untuk mengekspresikan atau membagi pengalamannya kepada orang lain dengan berbagai tujuan. Misalnya, untuk berbagi kesenangan, meminta solusi, atau hanya sekedar untuk mengurangi beban pikirannya.
    Perasaan atau pengalaman dapat diungkapkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Secara lisan, pengungkapan perasaan biasa dilakukan dengan cara mengobrol/diskusi, dan secara tulisan dapat diungkapkan ke dalam bentuk cerita atau puisi.
    Namun demikian, tidak semua orang senang dan biasa mengungkapkan perasaannya melalui tulisan. Banyak orang yang berangggapan bahwa menulis bukanlah hal yang penting dan tidak terlalu memberikan manfaat bagi kehidupannya. Padahal, melihat perkembangan budaya literasi saat ini, menulis sudah menjadi tuntutan keterampilan yang harus dimiliki setiap orang. Bahkan lebih jauh, menulis bagi sebagian orang bisa menjadi sumber mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
    Keterampilan mengungkapkan gagasan maupun pengalaman melalui tulisan tidak dapat tumbuh begitu saja. Perlu adanya suatu keinginan, kesenangan dan kebiasaan yang harus dipupuk dan dibina sejak dini, yaitu sejak seseorang memasuki bangku sekolah dasar.

    Di sekolah dasar, menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa. Tiga keterampilan berbahasa selain menulis yang dimaksud adalah keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Pada hakikatnya, keempat keterampilan tersebut terbagi ke dalam dua ragam, yakni lisan dan tulisan. Keterampilan berbahasa ragam lisan terdiri dari menyimak dan berbicara, sedangkan keterampilan berbahasa ragam tulisan terdiri dari membaca dan menulis.
    Menulis sendiri terbagi ke dalam dua jenis dilihat dari ragam tulisannya. Chenfeld (dalam Tarigan, 2008, hlm. 29) mengklasifikasikan tulisan ke dalam tulisan kreatif dan tulisan ekspositori. Tulisan kreatif mencakup tulisan-tulisan yang menekankan pada ekspresi diri dari seseorang, sedangkan tulisan ekspositori mencakup tulisan-tulisan seperti surat, laporan, buku dan penelitian. Puisi merupakan salah satu jenis tulisan kreatif yang bisa menjadi sarana untuk mengungkapkan perasaan atau pengalaman batin siswa. Keterampilan menulis puisi harus dikuasai siswa sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan.
    Salah satu kompetensi dasar yang memuat tentang pembelajaran menulis puisi terdapat di kelas V semester 2. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Depdiknas (2007, hlm. 9) mengemukakan bahwa salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa kelas V semester 2 sekolah dasar adalah dapat menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
    Puisi sendiri diartikan sebagai bahasa indah yang mengungkapkan pengalaman batin seseorang. Batasan tersebut sejalan dengan definisi puisi yang diungkapkan oleh Widjojoko dan Hidayat (2009, hlm. 50) bahwa “Puisi merupakan ekspresi pengalaman batin (jiwa) penyair mengenai kehidupan manusia, alam, dan Tuhan Sang Pencipta, melalui media bahasa yang estetik yang secara padu dan utuh, dalam bentuk teks yang dinamakan puisi”. Dengan demikian, menulis puisi tidak sama halnya dengan menulis karangan pada umumnya. Penggunaan gaya bahasa menjadi salah satu corak yang membedakan keindahan puisi dengan jenis karya sastra lain. Penggunaan gaya bahasa dalam puisi diungkapkan oleh Ratna (2009, hlm. 57) bahwa “... puisi, prosa, dan drama, seperti disinggung di beberapa tempat pembicaraan ini, gaya bahasa paling dominan dalam puisi. Gaya dengan demikian mendominasi struktur puisi”.
    Penggunaan gaya bahasa ini menjadi salah satu alasan bagi sebagian orang yang menganggap bahwa menulis puisi merupakan hal yang sulit. Begitu pula yang terjadi pada siswa kelas V SDN ... Kecamatan ... Kota .... Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan pada siswa kelas V SDN ..., hampir semua siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran menulis puisi. Siswa menganggap bahwa puisi haruslah unik, berbeda dari tulisan biasa dan tidak boleh menggunakan kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari.
    Siswa mengalami kesulitan dalam menemukan dan mengeluarkan gagasan yang berhubungan dengan tema yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan diksi yang terdapat pada puisi pun menjadi kurang berkembang. Mengaitkan tema dengan pengalaman pribadi siswa juga merupakan hal yang dianggap tidak mudah oleh siswa. Alhasil siswa pun lebih memilih untuk meniru puisi yang sudah ada, ketimbang harus membuat puisi sendiri.
    Intensitas kegiatan menulis puisi pun sangat kurang, sehingga menjadi salah satu penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Siswa mengaku bahwa mereka sangat jarang sekali melakukan kegiatan menulis puisi ini. selain itu, metode pembelajaran yang digunakan guru pun kurang bervariasi dan lebih banyak menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga menjadi penyebab lain mengapa siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran menulis puisi.
    Kenyataan tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja. Diperlukan suatu upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Upaya tersebut dapat berupa variasi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Metode pembelajaran sendiri diartikan sebagai cara yang digunakan guru untuk membuat siswa belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Definisi tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Uno dan Mohamad (2012, hlm. 7) bahwa “Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan guru dalam menjalankan fungsinya dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran”.
    Salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk mengeluarkan gagasan dari dalam pikiran seseorang adalah metode Mind Mapping. Definisi metode Mind Mapping diungkapkan oleh Sani (2013, hlm. 240) bahwa “Mind Mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi dengan pemetaan pikiran (Mind Mapping)”. Pemetaan pikiran yang dimaksud adalah penyajian/visualisasi konsep-konsep yang ada dalam pikiran ke dalam sebuah diagram.
    Dananjaya (2013, hlm. 72) mengungkapkan bahwa metode Mind Mapping tepat untuk menjabarkan proses brainstorming, yaitu proses mengeluarkan gagasan sesuai dengan kapasitas wawasan dan psikologis seseorang. Seperti yang telah dijelaskan bahwa menulis puisi merupakan kegiatan mengungkapkan pengalaman batin, maka dalam menulis puisi seseorang harus memilih, menemukan dan mengeluarkan gagasan-gagasan tentang pengalaman batinnya. Dengan demikian, ia dapat menghasilkan sebuah puisi yang padu dan selaras.
    Melalui metode Mind Mapping ini, siswa akan lebih aktif dalam berpikir dan mengekspresikan dirinya serta mampu membuat puisi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri. Setiap siswa akan membuat puisi sesuai dengan pilihannya masing-masing, sedangkan guru hanya memberikan topik secara umum saja. Selain itu, proses berpikir kreatif siswa akan muncul, yaitu ketika siswa harus menyusun kalimat dari setiap subtopik yang diungkapkannya menjadi sebuah puisi yang sesuai dan berkaitan satu sama lain.
    Berdasarkan paparan tersebut, peneliti memandang bahwa metode Mind Mapping merupakan metode yang menarik untuk dikaji lebih lanjut terutama untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan siswa dalam menulis puisi di SD. Dengan demikian, peneliti hendak melaksanakan penelitian dengan judul: “Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Siswa dalam Menulis Puisi Anak di Sekolah Dasar”.
    Anda sedang membaca artikel tentang Proposal Skripsi Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Menulis Puisi Anak Di Sekolah Dasar dan anda bisa menemukan artikel Proposal Skripsi Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Menulis Puisi Anak Di Sekolah Dasar ini dengan url http://infokotagarut.blogspot.com/2014/11/proposal-skripsi-penggunaan-metode-mind.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Proposal Skripsi Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Menulis Puisi Anak Di Sekolah Dasar ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

    Share to

    Facebook Google+ Twitter Digg
    Posting Komentar
    Posting Lebih Baru
    Posting Lama
    Beranda

    POSTINGAN BANYAK DICARI

      Arsip Blog

      • Februari (19)
      • September (1)
      • Agustus (69)
      • Juli (25)
      • Juni (33)
      • Mei (2)
      • Maret (6)
      • November (45)
      • Oktober (94)
      • September (32)
      • Agustus (86)
      • Juli (48)
      • Juni (4)
      • Mei (86)
      • Desember (17)

      Popular This Week

      • Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu Lengkap
      • Al-Qur'an Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia
      • Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar
      • Contoh Makalah Olah Raga Tentang Atletik
      • Doa Supaya Berani Dan Percaya Diri Lengkap Dengan Terjemahannya
      • Contoh Makalah Penjas Tentang Kesehatan Pribadi
      • KEUTAMAAN, KEAJAIBAN DAN RAHASIA SHOLAT DHUHA
      • Do'a Lengkap Shalat 5 (Lima) Waktu
      • DOA MELEPASKAN DIRI DARI BEBAN HUTANG
      • 02. Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-100

      Total Tayangan Halaman

      Disclaimer

      Privacy Policy

      Powered by Blogger

      Hade Consultant|Harga

      |komputer|Contoh Skripsi

      Copyright blog inigarut.com 2014

      ▲